Sistem Menu

Sistem menu merupakan pilihan yang tepat untuk menunjukan kemampuan dan fasilitas yang dimiliki oleh sebuah program aplikasi kepada pengguna. Menu adalah daftar sejumlah pilihan dalam jumlah terbatas, yang biasanya berupa suatu kalimat atau kumpulan beberapa kata.

Dilihat dari teknik penampilan, dikenal 2 jenis sistem menu:
• Sistem Menu Datar
Sistem menu yang menampilkan semua pilihan secara lengkap
• Sistem Menu Tarik Sistem menu yang akan menampilhan pilihan dalam kelompok-kelompok tertentu

1. Sistem Menu Datar
Dalam sistem menu ini, kemampuan dan fasilitas yang dimiliki oleh suatu program aplikasi akan ditampilkan secara lengkap dan biasanya menggunakan kalimat-kalimat yang cukup panjang. Penentuan pilihan pada menu datar dapat dikerjakan pada dua cara yaitu:
• cara pertama adalah menggunakan selektor dari setiap pilihan yang tersedia.Selektor pilihan ini untuk memudahkan pengguna dalam melakukan pilihannya, pada setiap pilihan biasanya disertakan suatu selektor yang dapat berupa angka dan hufur. Pertimbangannya adalah banyaknya pilihan yang akan disediakan.
• cara kedua adalah dengan menggerakkan tanda terang (highlight marker) ke suatu pilihan dan kemudian dikonfirmasikan dengan menekan tombol Enter


Cara lain untuk menentukan pilihan pada menu datar adalah menggunakan suatu mekanisme yang disebut dengan tanda terang (highlight marker) yang dapat digerakan pada semua pilihan yang ada pada layar. Dengan cara ini, pengguna dengan bantuan tombol khusus seperti kursor panah pada keyboar atau dengan menggunakan bantuan mouse. Menempatkan tanda terang ke suaut pilihan yang ia inginkan. Kemudian, pengguna harus menekan tombol Enter atau meng-klik mouse untuk mengkonfirmasikan pilihannya.

2. Menu Tarik
Menu ini dapat disebut juga dengan sebutan pulldown menu atau pop-up menu. Menu ini pada dasarnya adalah sistem menu yang pilihan-pilihannya dikelompokan menurut kategori tertentu atau menurut cara tertentu sehingga mereka membentuk semacam hirarki pilihan. Pada hirarki yang paling tinggi, pilihan-pilihan itu disebut dengan pilihan/menu utama. Sebagian atau semua pilihan/menu utama dapat mempunya satu atau lebih subpilihan/submenu dari suatu pilihan utama dapat mempunyai satu atau lebih pilihan/menu sub-sub pilihan. Struktur ini membentuk semacam struktur pohon.

Status Menu Tarik

Pada saat suatu program aplikasi dijalankan, belum tentu semua pilihan/menu yang tersedia langsung aktif semuanya, sehingga dapat memilihnya. Tetapi yang biasa terjadi adalah ada sebagian menu/pilihan yang dinonaktifkan, karena untuk waktu itu memang menu/pilihan yang dimaksud tidak dapat dipilih. Ada dua cara yang digunakan untuk status sebuah menu/pilihan. Cara pertama adalah dengan tidak menampakkan menu/pilihan tersebut. Cara kedua adalah dengan cara tetap menampilkan menu/pilihan yang pasif, tetapi warnanya dibuat berbeda dengan warna pilihan aktif.

Short Cut
Ada suatu mekanisme yang memungkinkan agar menu-menu yang sering digunakan dapat di akses dengan cepat. Mekanisme yang di maksud adalah shortcut. Shortcut adalah pemilihan suatu menu dengan cara yang lebih cepat dibandingkan dengan cara yang biasa di gunakan. Shortcut ini biasanya diimplementasikan menggunakan kombinasi tombol-tombol khusus, misalnya kombinasi antara tombol Ctrl dengan A, dll.







Keuntungan Sistem Menu
• Memerlukan sedikit pengetikan
• Beban Memori rendah
• Strukturnya terdefinisikan dengan baik
• Perancangan yang mudah

Kerugian Sistem Menu
• Seringkali lambat
• Memakan ruang layar
• Tidak cocok untuk aktifitas pemasukan kata




sumber: www.teknokrat.ac.id/perangkat.../Lanjutan_Bab_3_Ragam_Dialog.pdf

No comments:

Post a Comment