Sangat luas, mengerjakan atau menunjukan sebagian besar interfacem tetapi tidak mendalam.
2.Prototipe Vertikal
Lebih sedikit aspek atau fitur dari interface yang disimulasikan, tetapi dilaksanakan dengan rincian yang sangat baik
3. Early Prototyping (Prototipe Cepat)
4. Late Prototyping (Prototipe Lambat)
5. Low-fidelity Prototyping (Prototipe dengan tingkat ketepatan yang rendah)
• Gambaran cepat dari sistem final
• Mempunyai fungsi atau interaksi yang terbatas
• Lebih menggambarkan konsep, perancangan, alternatif, layout layar dibanding model interaksi pengguna dengan sistem
• Mendemontrasikan secara umum "feel and look" dari antar muka pengguna
• Tidak memperlihatkan secara rinci bagaimana operasi sistem aplikasi
• Digunakan pada awal siklus perancangan
• Memperlihatkan konsep pendekatan secara umum tanpa harus membuang banyak tenaga, biaya dan waktu
6. Mid-fidelity Prototyping (Prototipe dengan tingkat ketepatan sedang)
• Hi-fi prototype seperti sistem akhir
• Menggunakan bahan baku yang sama seperti produk akhir. Tools umum yang digunakan Macromedia Director, Visual Basic, Flash, Illustrator.
• Mempunyai interaksi penuh
• Pengguna dapat memasukan data kedalam medan masukan, menanggapi pesan, memilih icon untuk membuka window, berinteraksi dengan UI
• Mewakili fungsi-fungsi inti dari antarmuka pengguna produk
• Umumnya dibuat dengan 4GLs seperti Smalltalk atau bahasa pemmograman berbasis visual
• Dapat mensimulasikan sebagian besar fungsi dari sistem akhir
• Trade off kecepatan dengan teliti
• Tidak secepat dan semudah membuat prototipe low-fidelity
• Mewakili antarmuka pengguna yang akan diimplementasikan kedalam produk
• Mempunyai penampilan yang sangat mirip dengan produk aktual
sumber:
http://zheira83.files.wordpress.com/2009/04/prototipe.ppt
http://www.diaryofpast.co.cc/2010/07/1.html
2.Prototipe Vertikal
Lebih sedikit aspek atau fitur dari interface yang disimulasikan, tetapi dilaksanakan dengan rincian yang sangat baik
3. Early Prototyping (Prototipe Cepat)
4. Late Prototyping (Prototipe Lambat)
5. Low-fidelity Prototyping (Prototipe dengan tingkat ketepatan yang rendah)
• Gambaran cepat dari sistem final
• Mempunyai fungsi atau interaksi yang terbatas
• Lebih menggambarkan konsep, perancangan, alternatif, layout layar dibanding model interaksi pengguna dengan sistem
• Mendemontrasikan secara umum "feel and look" dari antar muka pengguna
• Tidak memperlihatkan secara rinci bagaimana operasi sistem aplikasi
• Digunakan pada awal siklus perancangan
• Memperlihatkan konsep pendekatan secara umum tanpa harus membuang banyak tenaga, biaya dan waktu
6. Mid-fidelity Prototyping (Prototipe dengan tingkat ketepatan sedang)
- Form skematik
- Navigasi dan fungsi yang disimulasikan biasanya berbasis pada apa yang tampil pada layar
- Contoh tools yang digunakan: powerpoint, illustrator, dll
• Hi-fi prototype seperti sistem akhir
• Menggunakan bahan baku yang sama seperti produk akhir. Tools umum yang digunakan Macromedia Director, Visual Basic, Flash, Illustrator.
• Mempunyai interaksi penuh
• Pengguna dapat memasukan data kedalam medan masukan, menanggapi pesan, memilih icon untuk membuka window, berinteraksi dengan UI
• Mewakili fungsi-fungsi inti dari antarmuka pengguna produk
• Umumnya dibuat dengan 4GLs seperti Smalltalk atau bahasa pemmograman berbasis visual
• Dapat mensimulasikan sebagian besar fungsi dari sistem akhir
• Trade off kecepatan dengan teliti
• Tidak secepat dan semudah membuat prototipe low-fidelity
• Mewakili antarmuka pengguna yang akan diimplementasikan kedalam produk
• Mempunyai penampilan yang sangat mirip dengan produk aktual
sumber:
http://zheira83.files.wordpress.com/2009/04/prototipe.ppt
http://www.diaryofpast.co.cc/2010/07/1.html
No comments:
Post a Comment