Prinsip-prinsip Desain Grafis
1. Metaphor (Metafora)
Adalah aplikasi dari nama atau d

Contoh: metafora tampilan desktop.
2. Clarity (Kejelasan)
Harus ada alasan yang kuat/masuk akal mengapa kita menggunakan setiap elemen yang berada dalam suatu interface yang kita buat. Penggunaan yang sedikit akan lebih baik.
White Space
• Berperan penting bagi

• Menyediakan simetris dan keseimbangan melalui penggunaannya.
• Memperkuat dampak pesan.
• Membiarkan mata beristirahat dari setiap kegiatan elemen.
• Digunakan untuk mengembakan kesederhanaan, keanggunan, kemewahan, dan kemurnian.
3.Consistency (Ketetapan)
Konsisten
4. Alignment (Perataan)
Untuk perataan dapat digunakan rata kiri, kanan atau tengah. Dunia barat dimulai dari kiri atas. Mengijinkan mata untuk menguraikan tampilan dengan lebih mudah.
Grids:
• Garis horisontal dan v
• Meratakan konteks yang berkaitan
• Mengelompokan item-item secara logis.
• Meminimalisasi banyaknya kendali, mengurangi kekacauan
5. Proximity
Item-item yang berkai
6. Contrast (Keserasian Tampilan)
Membuat anda ter
Aspek Ekonomi dari elemen-elemen visual:
1. Penggunaan yang sedikit akan lebih baik
2. Minimalisasi ketebalan garis dan border, batasan antar sesi (digunakan white space)
Teknik Pengkodean
1. Blinking
Sangat cocok untuk menarik perhatian, tapi gunakan sedikit mungkin.
2. Video yang diputar ulang, cetak tebal
Sangat baik untuk membuat sesuatu yang ingin ditonjolkan, dan gunakan sedikit mungkin.
Warna
Kita melihat dunia melalui reflektif warna, cahaya yang mengenai suatu permukaan dan dipantulkan ke mata kita. Pada monitor, umumnya berdasarkan skema RGB. Masing-masing warna merah, hijau, biru mempunyai nilai 0-225. Gunakan warna untuk suatu tujuan, jangan hanya untuk membuat tampilan lebih berwarna saja.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan warna:
- Tampilkan gambar berwarna pada warna latar hitam.
- Pilih warna latar depan yang terang (putih, cyan, dll)
- Hindari warna coklat dan hijau sebagai warna latar
- Pastikan bahwa warna latar depan dan warna latar belakang serasi baik segi brightness maupun hue.
- Gunakan warna sedikit mungkin pada rancangan hitam-putih tambahkan warna sesuai
- Gunakan warna untuk menarik perhatian, menghubungkan organisasi, menyatakan status, atau untuk mengadakan suatu hubungan.
- Hindari penggunaan warna yang tidak diinginkan oleh user.
- Pewarnaan sangat baik untuk mendukung pencarian
• Merah - panas, peringatan, agresi, cinta
• Pink - wanita, cute, kembang gula
• Orange - musim semi, hangat, hallowen
• Kuning - gembira, perhatian, suka cita
• Coklat - hangat, musim gugur, kotor, bumi
• Hijau - lush, pastural, bingung
• Ungu - kekayaan, lembut
sumber:
blog-indonesia.com/blog-archive
911medical.blogspot.com
belajardesain.wordpress.com
No comments:
Post a Comment